PERJANJIAN KERJASAMA PEMASARAN BUKU

PERJANJIAN KERJASAMA

PEMASARAN BUKU

Pada hari ini […………………………] tanggal [………………………] telah diadakan perjanjian kerja sama oleh dan antara*):
1. Nama : [……………………………………….] Alamat : [……………………………………….] Jabatan : [……………………………………….]

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT [……………………………………………..], penerbit yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut PIHAK PERTAMA.

2. Nama : [……………………………………….] Alamat : [……………………………………….] Jabatan : [……………………………………….]

Adalah hal ini bertindak untuk dan atas nama PT […………………………………….], distributor yang selanjutnya dalam surat perjanjian ini disebut PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA tersebut di atas dengan ini sepakat untuk mengadakan perjanjian kerja sama pemasaran buku dengan ketentuan sebagai berikut.

PASAL 1

1. PIHAK PERTAMA sepakat untuk menyerahkan pemasaran buku yang diterbitkan PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA.
2. Spesifikasi buku sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 adalah sebagai berikut:

‹ Judul buku : [………………………………………………]

‹ Pengarang : [………………………………………………]

‹ Ukuran buku : [………………………………………………]

‹ Tebal buku : [………………………………………………]

‹ Harga buku : [………………………………………………]

PASAL 2

1. Jumlah buku cetak perdana yang diserahkan oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA

sebanyak […………] eksemplar.

2. Untuk mengantisipasi permintaan tambahan (repeat order) dari toko buku/outlet milik PIHAK KEDUA atau pihak ketiga lainnya yang turut menjual buku tersebut maka atas kesepakatan tertulis antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA, buku sebagaimana dimaksudkan dalam perjanjian ini dapat ditambah walaupun buku yang telah diserahkan belum semuanya habis terjual.

PASAL 3

1. Penentuan harga jual buku tersebut sepenuhnya menjadi otoritas PIHAK PERTAMA.

2. PIHAK KEDUA tidak diperbolehkan untuk menaikkan atau menurunkan harga buku yang telah ditentukan oleh PIHAK PERTAMA.
3. Apabila ada permintaan khusus dari pihak lain termasuk dari pemerintah sehingga harus diberikan harga khusus maka hal tersebut harus dilakukan atas persetujuan PIHAK PERTAMA.

PASAL 4

1. PIHAK PERTAMA menyatakan bersedia untuk mengirimkan seluruh buku yang dimaksud dalam perjanjian tersebut secara sekaligus dari percetakan ke gudang milik PIHAK KEDUA atas biaya/ongkos PIHAK PERTAMA sendiri.
2. Sebelum PIHAK KEDUA menerima buku-buku yang dikirimkan oleh PIHAK PERTAMA yang dibuktikan dengan tanda terima buku secara tertulis dari PIHAK KEDUA maka, segala kerugian/kehilangan buku tetap menjadi tanggung jawab PIHAK PERTAMA sendiri.

PASAL 5

1. Proses pengiriman dan pemasaran buku tersebut ke toko-toko buku milik PIHAK KEDUA atau toko buku milik pihak ketiga lainnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.
2. PIHAK KEDUA berhak menentukan berbagai saluran distribusi buku dengan bekerja sama dengan agen-agen pemasaran, pemilik toko buku ataupun dengan pihak tertentu lainnya yang berada di
seluruh wilayah Indonesia.

3. PIHAK KEDUA berkewajiban menyerahkan daftar saluran distribusinya kepada PIHAK PERTAMA yang berguna sebagai bahan untuk melakukan cross check oleh PIHAK PERTAMA.
4. PIHAK PERTAMA berhak mengetahui daftar keluar masuk buku dari gudang PIHAK PERTAMA ke toko-toko buku/outlet milik PIHAK KEDUA atau milik pihak ketiga lainnya.
5. PIHAK KEDUA menyatakan dan sebagaimana telah pula disetujui oleh PIHAK PERTAMA bahwa PIHAK KEDUA tidak menjamin buku tersebut akan tersedia merata di seluruh outlet/toko buku karena sangat bergantung pada kondisi permintaan pasar.

PASAL 6

1. PIHAK KEDUA wajib menyerahkan hasil penghitungan penjualan buku secara total dari seluruh toko buku kepada PIHAK PERTAMA setiap bulan sekali yaitu setiap tanggal […………..] untuk penjualan bulan sebelumnya.
2. Pada saat perjanjian ini berakhir kedua belah pihak wajib melakukan perhitungan akhir/final secara menyeluruh untuk mengetahui realisasi penjualan buku.
3. Pada saat berakhirnya perjanjian ini PIHAK KEDUA wajib mengembalikan (return) seluruh buku yang tidak terjual atas biaya PIHAK KEDUA sendiri.
4. PIHAK KEDUA dapat mengembalikan (return) buku sewaktu-waktu /setiap saat kepada PIHAK PERTAMA selama periode masa edar atau selama jangka waktu perjanjian berlaku.

PASAL 7

1. PIHAK PERTAMA setuju bahwa setiap eksemplar buku yang terjual, PIHAK KEDUA berhak mendapat komisi [………..]% dari harga buku. Sisanya sebesar [….] % diserahkan kepada PIHAK PERTAMA.
2. Apabila ada permintaan khusus dari pihak ketiga atau pemerintah sehingga harus diberlakukan harga khusus maka penentuan komisi bagi PIHAK KEDUA ditetapkan berdasarkan kesepakatan tertulis antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA; kesepakatan mana merupakan bagian tak terpisahkan dari perjanjian ini.

PASAL 8

Pengaturan pembayaran hasil penjualan buku tersebut oleh PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA adalah sebagai berikut:
1. Setelah menyerahkan laporan hasil penjualan buku bulanan kepada PIHAK PERTAMA, PIHAK KEDUA wajib membayar hasil penjalan sesuai dengan laporan tersebut paling lambat [………] hari
setelah laporan penjualan buku diterima oleh PIHAK PERTAMA.

2. Apabila PIHAK KEDUA terlambat membayar buku yang terjual secara sekaligus kepada PIHAK PERTAMA sebagaimana dimaksud pada ayat 1 maka PIHAK KEDUA akan dikenakan bunga sebesar [……] setiap hari keterlambatan.
3. Pada saat berakhirnya perjanjian maka akan dilakukan perhitungan final secara menyeluruh dan setiap buku yang telah terjual yang menjadi hak PIHAK PERTAMA wajib dilunasi oleh PIHAK KEDUA paling lambat […..] hari setelah perjanjian ini berakhir.

PASAL 9

1. PIHAK PERTAMA berjanji akan melakukan promosi buku dalam bentuk iklan di media cetak nasional atau lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan hasil penjualan buku atas biaya PIHAK PERTAMA sendiri.
2. Dalam acara–acara tertentu PIHAK PERTAMA dapat melibatkan PIHAK KEDUA dalam melakukan promosi buku atas biaya PIHAK PERTAMA.
3. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat bahwa promosi dilakukan setelah buku didistribusikan ke toko buku-toko buku yang menjadi rekanan PIHAK KEDUA

PASAL 10

1. PIHAK PERTAMA menjamin bahwa buku yang dimaksud dalam perjanjian ini adalah benar merupakan hak milik dan wewenangnya dan tidak terdapat perselisihan dengan pihak lain.
2. Apabila ternyata di kemudian hari timbul gugatan dari pihak lain sehingga buku tersebut harus ditarik dari peredaran maka PIHAK PERTAMA wajib mengganti seluruh biaya distribusi dan penarikan kembali buku yang telah dikeluarkan oleh PIHAK KEDUA.

PASAL 11

PIHAK KEDUA menjamin bahwa dalam tempo [………….] hari setelah menerima buku dari PIHAK PERTAMA, maka buku-buku tersebut sudah didistribusikan ke toko buku -toko buku yang menjadi rekanan PIHAK KEDUA.

PASAL 12
Perjanjian ini berlaku selama […………..] tahun sejak tanggal penandatanganan perjanjian ini sampai dengan tanggal […………] bulan [………….] tahun [………..].

PASAL 13

Segala sesuatu perselisihan yang timbul di kemudian hari akan diselesaikan secara musyawarah oleh kedua belah pihak, dan apabila tidak terdapat penyelesaian maka akan ditempuh jalur hukum yang berlaku di Indonesia.

PASAL 14

Demikian perjanjian ini dibuat oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan tanpa tekanan atau paksaan dari pihak manapun juga dan dibuat dalam rangkap 2 (dua) yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.

PIHAK KEDUA                PIHAK PERTAMA

[………………………..] [……………………………]

About these ads

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.